Analisis Ricardian Equivalence Hypothesis di Indonesia: Pengaruh Kebijakan Fiskal terhadap Konsumsi Masyarakat

Bekti Ayu Selawati, Evi Yulia Purwanti

Abstract

Belanja pemerintah pusat cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Jumlah penerimaan pajak yang lebih kecil daripada kebutuhan belanja mendorong pemerintah untuk memperoleh sumber pembiayaan, yang salah satunya dengan melakukan penarikan utang luar negeri. Beban utang luar negeri yang semakin tahun semakin meningkat bisa mempengaruhi perekonomian Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebijakan fiskal dan utang luar negeri pemerintah terhadap konsumsi masyarakat. Penelitian ini juga menggunakan Produk Domestik Bruto (PDB) dan kekayaan sebagai faktor yang mempengaruhi konsumsi. Data yang digunakan di dalam penelitian merupakan data sekunder yang diperoleh dari Kementerian Keuangan, Badan Pusat Statistik dan World Bank tahun 1973 sampai dengan 2014. Metode analisis yang digunakan adalah Error Correction Model (ECM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kebijakan fiskal melalui instrumen belanja pemerintah pusat dan pembayaran bunga utang tidak signifikan mempengaruhi konsumsi dalam jangka pendek. Namun dalam panjang, seluruh variabel independen yang digunakan di dalam penelitian terbukti secara statistik berpengaruh signifikan terhadap konsumsi masyarakat. Ricardian Equivalence Hypothesis tentang adanya netralitas kebijakan fiskal tidak berlaku di dalam perekonomian Indonesia untuk periode 1973 hingga 2014.

Keywords

Consumption, error correction model, fiscal policy, keynesian, ricardian equivalence hypothesis

Full Text:

PDF

References

Badan Pusat Statistik. http://www.bps.go.id

Belingher, Daniel dan Nicolae Moroianu. 2015. “Empirical Evidence on the Ricardian Equivalence in Romania.” Journal of Theoretical and Applied Economics. Volume XXII, No. 2. Page 163 – 170.

Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara, Kementerian Keuangan Republik Indonesia. http://www.djpbn.kemenkeu.go.id

Djamin, Zulkarnain. 1995. Sumber Luar Negeri bagi Pembangunan Indonesia. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Ghozali, Imam dan Dwi Ratmono. 2013. Analisis Multivariat dan Ekonometrika: Teori, Konsep dan Aplikasi dengan EViews 8. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, Damodar N. dan Dawn C. Porter. 2013. Dasar-dasar Ekonometrika. Edisi 5 Buku 2. (Terj.) Raden Carlos Mangunsong. Jakarta:Salemba Empat.

Hadiwibowo, Yuniarto. 2008. “Ricardian Equivalence in Developing Countries: Fiscal Policy, Private Consumption and Investment in Indonesia.” Conference Paper disajikan pada 11th International Convention of the East Asian Economic Association. Manila. 15 – 16 November 2008.

Hakim, Lukman. 2006. “Pengaruh Utang Luar Negeri, Kebijakan Fiskal terhadap Konsumsi Masyarakat dalam Paradigma Ricardian Equivalence 1990 – 2004: Penerapan Model Vector Auto Regressions (VAR),” dalam

Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 11, No. 2. Hal: 125 – 145.

Kementerian Keuangan. 2011. “Penyusunan Model Efisiensi Belanja Negara terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Kemiskinan dan Pengangguran.” http://kemenkeu.go.id

Kormendi, Roger C. 1983. “Government Debt, Government Spending and Private Sector Behavior.” The American Economic Review. Vol. 73, No.5.

Mankiw, N. Gregory. 2008. Makroekonomi. Edisi Keenam. (Terj.) Fitria Liza dan Imam Nurmawan. Jakarta: Erlangga.

Marinheiro, Carlos Fonseca. 2001. “Ricardian Equivalence: an Empirical Application to the Portuguese Economy.” Faculty of Economics of the University of Coimbra and Katholieke Universiteit Leuven.

Mason, Robert D. dan Douglas A. Lind. 1999. Teknik Statistika untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 9 Jilid 2. (Terj.) Widyono Soetjipto dkk.

Jakarta: Erlangga.

Nanga, Muana. 2001. Makroekonomi: Teori, Masalah dan Kebijakan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sukirno, Sadono. 2013. Makroekonomi: Teori Pengantar. Edisi Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers.

World Bank. http://www.worldbank.org.