Strategi Pengembangan Objek Wisata International Sport Club di Kota Semarang

Resta Giri Putranto, Fafurida Fafurida

Abstract

International Sport Club (ISC) merupakan objek wisata yang kurang berkembang di kota Semarang karena mengalami penurunan jumlah kunjungan wisatawan tiga tahun berturut-turut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi kondisi lingkungan internal dan eksternal objek wisata ISC dan menyusun strategi yang dapat dikembangkan oleh pihak pengelola untuk memikat pengunjung dan menambah pendapatan objek wisata ISC. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung objek wisata ISC. Hasil analisis SWOT menyimpulkan bahwa ISC berada pada kuadran II, dimana situasi tersebut yaitu dapat memanfaatkan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang melalui cara diversifikasi. Saran dari penelitian ini adalah perlu adanya pengkajian harga kembali tiket masuk, memanfaatkan promosi melalui media online atau media sosial, diversivikasi fasilitas olahraga dan kerja sama dengan investor untuk pengembangan objek wisata ISC.

Keywords

Development Strategy, Tourist Attraction

Full Text:

PDF

References

Castyana S., Billy, & Dwikuncoro, Eri P. 2013. Pengaruh Program Pariwisata Olahraga Borobudur Interhash 2012 Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisata Kabupaten Magelang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Disbudapar Provinsi Jateng. 2016. Jumlah Pengunjung Dan Pendapatan Objek Wisata Kota Semarang Tahun 2013-2015. Semarang: Disbudpar Provinsi Jawa Tengah.

Hanif, L., & Fafurida, F. (2018). Development Strategy of Small Industry of Typical Food as Supporting Tourism Sector. JEJAK: Jurnal Ekonomi dan Kebijakan, 11(1), 62-77. doi:https://doi.org/10.15294/jejak.v11i1.12

Furqony, M. Izzuddin,. & Fafurida, F. (2018). Valuation and Development Strategy of Mawar Basecamp in Ungaran Mountain Through Individual Travel Cost Approach. Economics Development Analysis Journal, 6(4), 428-435. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/edaj.v6i4.22293

Moeloeng, Lexy. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pradikta, Angga. 2013. Strategi Pengembangan Objek Wisata Waduk Gunungrowo Indah Dalam Upaya Meningkatkan PAD Kabupaten Pati.

Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rajab, Amrullah. 2016. Strategi Pengembangan Objek Wisata Taman Lele Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro.

Rangkuti, Freddy. 2015. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Redona, Rendi. 2015. Strategi Pengembangan Produk Kawasan Gunung Tidar. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA.

Sugiyono, S. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tahajjudin, Eko Syamsul Ma’arif. 2011. Pengembangan Objek Wisata Wonderia Di Kota Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro.