Strategi Peningkatan Pendapatan Pedagang Sesudah Program Revitalisasi Pasar Rakyat Simongan di Kota Semarang

Diyah Setyowati

Abstract

Keberadaan pasar rakyat merupakan salah satu sektor penting yang mendukung perekonomian rakyat, didalamnya kepentingan rakyat kecil hingga kalangan menengah ke atas. Revitalisasi pasar rakyat yang dilakukandi Pasar Simongan diharapkan tidak hanya berdampak pada perbaikan aspek fisik pasar tetapi berdampak terhadap aspek manajemen serta aspek ekonomi dengan tujuan dapat meningkatkan pendapatan pedagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pedagangn mengeteahui faktor- faktor penghambat dan pendukung Pasar Simongan dan mengetahui strategi peningkatan pendapatan pedagang. Jenis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini menggunakan data primer dengan responden sebanyak 68. Sumber data diperoleh dari penyebaran kuesioner. Berdasarkan kesimpulan program revitalisasi Pasar Rakyat Simongan terhadap intervensi fisik belum terlalu baik, kurangnya fentilasi udara menjadikan pasar terasa panas, kurangnya manajemen pengelolaan pasar membuat pendapatan pedagang relative menurun.

Keywords

revitalisasi; pasar rakyat

References

Andreas, Y. (2006). Analisa Perkembangan Pasar Tradisional Studi Komparatif Terhadap Pengguna Ruang Komersial di Pasar Atum, Pasar Turi, Dan Pasar Wonokromo. Surabaya: URL: www.bibsonomy.org.

Alfianita, Ella.Wijaya, Andy Fefta. Sisswidiyanto. “ Revitalisasi Pasar Tradisional Dalam Perspektif Good Govermance ( Studi Pasar Tumpang Kabupaten Malang), Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol 3, No.5

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Artaman, Dewa Made Aris. ( 2015 ). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Seni Sukawati di Kabupaten Gianyar. Tesis Program Studi Ilmu Ekonomi Program Pascasarjana. Universitas Udayana Denpasar.

Aryanti, Nel. “ Analisis Perbedaan Pasar Modern dan Pasar Traditional Ditinjau dari Strategi Tata Letak ( Lay Out ) Dan Kualitas Pelayanan untuk Meningkatkan Posisi Tawar Pasar Traditional”. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 13. No. 01, April 2015

Ayuningsasi, Anak Agung Ketut. 2013. Analisis Pendapatan Pedagang Sebelum dan Sesudah Program Revitalisasi Pasar Tradisional di Kota Denpasar (Studi Kasus Pasar Sudha Merta Desa Sidakarya. Jurnal Piramida. 7(1): 1-11

BPS Kota Semarang. 2015. Kota Semarang Dalam Angka.

Danisworo, Mohammad & Widjaja Martokusumo. ( 2000 ). Revitalisasi Kawasan Kota Sebuah Catatan Dalam Pengembangan Dan Pemanfaatan Kawasan Kota. Diakses dari http://www.Urdi.Oeg ( Urban And Regional Development Institute. 2000.

Daryanto. (2009). Revitalisasi Pasar Tradisional. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 2 No. 1.

Damsar, dan Indrayani. 2016. Sosiologi Ekonomi. Jakarta:Kencana Prenadamedia Group.

Endarwati, Susilo dan Wahyuningsih, Christine. 2015. Dampak Relokasi Pasar Studi Kasus Di Pasar Sampangan Kota Semarang. Jurnal Ilmiah. UNTAG Semarang.

Firdausa, Rosetyadi Artistyan & Fitrie Arieanti. ( 2013 ) Pengaruh Modal Awal, Lama Usaha dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Kios di Pasar Bintaro Demak. Diponegoro Journal Of Economics. Volume. 2, Halaman 1-6

Hakim, M Arif . “Peran Pemerintah Dalam Mengawasi Mekanisme Pasar”, Jurnal Iqtishadia, Vol.8 No.1, Maret 2015

Hidayat, U.2008. Preferensi Konsumen: Strategi Pengembangan Pasar Tradisional. BEP. Vol. 9, No.2.

Indiastuti, R, Hastuti, f & Aziz, Y. 2008. Analisis Keberlanjutan Pasar Tradisional Dalam iklim Persaingan Usaha Yang Dinamis Di Kota Bandung. Sosiohumaniora. Vol. 10, No.2, pp:17-37

Jaya, Rian, Nuridja, Made, dan Suwena2, Kadek. 2014. Analisis Pendapatan Pedagang (Studi Pada Pasar Anyar Di Kelurahan Banjar Tengah). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 4(1): 1-10

Jumlah Pasar Traditional Semakin Menurun (on-line), Tersedia di

http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/14/10/02/nct8ag-jumlah-pasar-pasar-tradisional-semakin-menurun.

Kemendag. (2017). Progres Pembangunan/ Revitalisasi Pasar Rakyat. Diambil dari ews.kemendag.go.id/revitalisasi

Khomah, Isti. Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Yang Berorientasi Pada Keputusan Masyarakat Di Surakarta. Jurnal, 2016.

Kuncoro, Mudrajad. Strategi Pengembangan Pasar Modern dan Tradisional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008

Malano, Herman. 2011. Selamatkan Pasar Tradisional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mardihartono, Agus dan Metty Nur Alfa, “Revitalisasi Pasar Tradisional di Kota Bandar Lampung”, Jurnal Progress Fakultas ilmu Social dan Politik Universitas Tulang Bawang Lampung, Vol.1,No.43, September 2016.

Mashita, Annisa Indah. “Dampak Sosial Ekonomi Revitalisasi Pasar Tradisional Terhadap Pedagang”. Jurnal Pekerjaan Umum, Vol.2 No. 1, April 2010.

Martokusumo, Widjaja. 2015. Revitalisasi dan Rancang Kota. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota. 17(3): 31-46

Mirah, A. A., Paramita, P, Ayuningsasi, K, Kunci, K., Revitalisasi, P., Tradisional, P., .. Pedagang, P. (2013). Efektivitas dan Dampak Program Revitalisasi Pasar Tradisional di Pasar Peninjauan. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 2(5),11.