Pengaruh Emiten dan Perilaku Investor Terhadap Keputusan Investor di Pasar Modal

Desy Yanti, Mochammad Nugraha Reza Pradana

Abstract

Saat ini pasar modal merupakan topik pembahasan yang menarik di era globalisasi. Pada tahun 2017 Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencapai rekor tertinggi sepanjang masa IHSG ini terkait keputusan investor dalam melakukan investasi. Terjadinya peningkatan minat pada dasarnya mencerminkan pertumbuhan ekonomi regional yang lebih kuat, perkembangan pasar modal yang berkelanjutan, dan peluang-peluang diversifikasi global. Maka penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepribadian,sentimen, probabilitas, dan company brand terhadap keputusan investor. Penelitian dilakukan di Kepulauan Riau dengan cara pembagian kuisioner secara online, total responden yang terkumpul 122 responden investor dengan mengunakan metode analisis regresi berganda dengan mengunakan program Statiscal Package for Social Science versi 19. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sentimen investor dan company brand merup berpengaruh positif mendukung investor dalam mengambil keputusan investasi. Sedangkan variabel profitabilitas tidak berpengaruh kepada investor dalam pengambilan keputusan investasi.


Currently the stock exchange is an interesting topic of discussion in the era of globalization. In 2017 the Composite Stock Price Index (CSPI) reached an all-time high of the CSPI due to investors' decisions in investing. The increase in interest basically reflects stronger regional economic growth, sustainable stock exchange developments, and global diversification opportunities. then this research aims to determine the effect of personality, sentiment, probability, and company brand on investor decisions. The research location at Kepulauan Riau by way of online questionnaires, total respondents collected 122 respondents of investors and using multiple regression analysis using the Statiscal Package for Social Science version 19. The results of the study stating that investor sentiment and brand companies are positive influential factors that support investors in making investment decisions. While the variable profitability does not affect investors in making investment decisions.

Keywords

Personality, sentiment, profitability, company brand, investor decision

Full Text:

PDF

References

Ady, S. U., Sudarma, M., Salim, U., & Aisyah, S. (2013). Psychology’s Factors of Stock Buying and Selling Behavior in Indonesia Stock Exchange (Phenomenology Study of Investor Behavior in Surabaya). IOSR Journal of Business and Management, 7(3), 11–22. Retrieved from www.iosrjournals.org

Brigham, E. F., & Houaton, J. F. (2001). manajemen keuangan. jakarta: Erlangga.

Chang, C. H., & Lin, S. J. (2015). The effects of national culture and behavioral pitfalls on investors’ decision-making: Herding behavior in international stock markets. International Review of Economics and Finance (Vol. 37). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/j.iref.2014.12.010

Ghozali, imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan program IBM SPSS 21. Semarang: UNDIP.

Harahap, sofyan S. (2002). Analisis Kritis Atas Laporan PT.RajaGrafindo Persada (edisi 3). jakarta: PT.RajaGrafindo Persada.

Hemastuti, C. pami. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Keputusan Investasi dan Kepemilikan Insider Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 3(4), 1–14.

Jalilvand, A., Rostami, M., & Switzer, J. (2018). Journal of Economics and Business Informed and uninformed investors in Iran : Evidence from the Tehran Stock Exchange. Journal of Economics and Business, 95, 47–58. https://doi.org/10.1016/j.jeconbus.2017.08.004

JR, J. F. H., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. D. (2010). Multivariate Data Analysis.

Kotler, Philip, & Armstrong, G. (2006). Principles Of Marketing (11th ed.). New york: Prentice Hall.

Lawrence A, P. (2009). Psikologi Kepribadian Teori dan Penelitian. yogyakarta: Graha Ilmu.

Mehrani, K., Roodposhti, F. R., Nekomaram, H., & Saeedi, A. (2016). Behavioral trading strategies and investor sentiment: Empirical research in Tehran Stock Exchange (TSE). Indonesian Capital Market Review, 8(2), 94–109. https://doi.org/10.21002/icmr.v8i2.5708

Natapura, C. (2009). Analisis perilaku Investor Institusional dengan Pendekatan Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 16(3), 180–187. https://doi.org/10.1016/j.foodres.2011.07.033

Puspitaningtyas, Z. (2013). Perilaku Investor Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Di Pasar, (December).

Rahadjeng, E. R. (2011). Analisis perilaku investor perspektif gender dalam pengambilan keputusan investasi di pasar modal, 6, 90–97.

Saputri, M. E., & Pranata, T. R. (2014). Pengaruh Brand Image Terhadap Kesetiaan Pengguna Smartphone Iphone. Jurnal Sosioteknologi, 13(3), 193–201. Retrieved from http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/